RE

SIDE
News Update :
Home » » MEMBANGUN SUMUT DARI DESA

MEMBANGUN SUMUT DARI DESA

Jumat, 03 Februari 2012 17.22


Bangun Sumatera Utara dari Desa
Tribun Medan - Rabu, 4 Januari 2012 21:33 WIB

TRIBUN-MEDAN.com 
Percepatan pencapaian kesejahteraan rakyat dapat diwujudkan dengan memulai pembangunan dari desa. Hal ini dilakukan mengingat bahwa desalah sebenarnya menjadi salah satu penopang pembangunan karena kegiatan-kegiatan utama ekonomi justru berasal dari desa.
Hal ini saya sampaikan pada acara Malam Silaturahim dan Pergantian Tahun 2011 ke 2012 yang diselenggarakan KNPI Sumut di Hotel Grand Antares pada tanggal 31 Desember 2011.Desa menjadi daerah yang sering terlupakan dalam pembangunan, paradigma pembangunan yang berorientasi kepada kota harus dirubah, sehingga terjadi pemerataan pembangunan sehingga berujung kepada kesejahteraan yang berimbang antara masyarakat kota dengan penduduk desa.

Sumut memiliki potensi yang luar biasa. Sumut adalah daerah yang paling luas di Indonesia Bagian Barat, yakni seluas 71.680 km2 dengan jumlah penduduk kurang lebih 13 juta orang dan memiliki kabupaten terbanyak setelah Sulawesi Selatan dan merupakan miniatur Indonesia karena keberagamannya.

Pertumbuhan ekonomi meningkat terus dan diatas rata-rata nasional. Pada tahun 2009 sebesar 5,07 persen, tahun 2010 sebesar 6,35 persen, dan tahun 2011(Triwulan III) 6,76 persen. Tapi selain keberhasilan ini tetap ada yang harus dicatat bahwa kalau kita mengacu kepada cermin kemajuan suatu negara/daerah ada tiga faktor yang menentukan, yaitu pengangguran, kemiskinan, dan ketimpangan pendapatan. Dari data BPS yang ada tercatat jumlah jumlah angkatan kerja sebanyak 6,67 juta dan yang bukan angkatan kerja sebanyak 2,9 juta,  yang bekerja sebanyak 6,12 juta, pengangguran 490 ribu orang dan jumlah kemiskinan masih mencapai 1,49 juta (11,33 persen).

Pengangguran akan berbicara tentang lapangan pekerjaan. Investasi yang ada di Sumut akan menekan tingkat pengangguran. Kemiskinan akan terkait dengan pengangguran, pengangguran akan berbicara tentang angkatan kerja, dan ketimpangan pendapatan akan berbicara tentang ketentuan dan kebijakan dari Pemerintah.

Pembangunan yang dimulai dari desa akan mampu mencegah disparitas pembangunan yang ada selama ini. Mari membangun Sumut dari desa.(*)


Editor : Ismail
Sumber : Tribun Medan
YOU MIGHT ALSO LIKE

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright RE. NAINGGOLAN 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.